Kabar Jatim Merupakan Media Online yang Memberikan Informasi Teraktual dan Terkini yang Terjadi di Indonesia Terkhusus Provinsi Jawa Timur.

Akibat Banjir 1 Meter 11 Kepala Keluarga Diungsikan Madiun


kabarjatim.eu.org MADIUN - Sebanyak 150 rumah di Desa Klumatan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, terendam banjir, Kamis (20/1/2022) dini hari. Banjir setinggi pinggang orang dewasa ini terjadi akibat hujan lebat selama tiga jam pada sore hari.  Akibat banjir ini 11 keluarga terpaksa dievakuasi ke tempat aman. Pasalnya, ketinggian air di rumah mereka lebih dari satu meter. Seluruh keluarga ini dievakuasi menggunakan perahu karet oleh petugas gabungan TNI-Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madiun. 



Kepala Desa Klumutan, Agus Priklamanto di sejumlah titik, ketinggian air bahkan lebih dari satu meter. Karena itu warga yang rumahnya terendam air cukup tinggi untuk sementara waktu diungsikan ke tempat yang lebih aman.  "Ada dua RT yang banjirnya cukup parah. Tapi karena ada peringatan dini, sehingga warga di sana cepat diungsikan, termasuk hewan ternak dan kendaraan. Semua sudah diungsikan," katanya. 



Agus mengatakan, selain karena air hujan, banjir juga terjadi akibat luapan Sungai Klumatan. Sungai yang menampun aliran dari beberapa sungai di atas tersebut tidak mampu menampung air, sehigga meluap dan membanjiri permikiman warga. 






Pantauan di lapangan sejak pagi tadi petugas dari TNI, Polri dan BPBD terus menyisir lokasi menggunakan perahu karet. Selain membantu proses evakuasi, mereka juga memantau ketinggian air untuk mengantisipasi bahaya.  Sementara itu, hingga berita ini ditulis, belum ada laporan korban jiwa atas musibah ini. Namun, banjir masih cukup tinggi. Bahkan beberapa motor warga juga banyak yang terendam dan gagal diselamatkan. Pasalnya, air datang cukup cepat dan terjadi saat warga sudah banyak yang tertidur. (anwr)


Baca Juga
Lebih baru Lebih lama
close