Kabar Jatim Merupakan Media Online yang Memberikan Informasi Teraktual dan Terkini yang Terjadi di Indonesia Terkhusus Provinsi Jawa Timur.

Warga Gresik Temukan Struktur Pahatan Batu Bata, Situs Kuno Diduga Era Majapahit

kabarjatim.eu.org - Warga di kawasan Wisata Alam Gosari Gresik Jawa Timur ( Jatim ) menemukan situs purbakala diduga era Kerajaan Majapahit.


Situs ini berupa struktur batu bata kuno yang memiliki pahatan-pahatan. Pahatan bata ini tersusun rapi dan sudah diberi police line.


Menurut Pengelola Wagos, Misbahud Dawam, di dekat lokasi temuan tersebut juga terdapat cagar budaya berupa gerabah era Majapahit.


"Kami sempat terkejut, setelah area itu diratakan, ada bekas batu dan tumpukan bata merah," ujarnya dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com, Rabu (21/9/2022).


Situs tersebut ditemukan pada Selasa (20/9/2022) sekitar pukul 09.00. Saat ini tim pengelola wisata sedang melakukan penggalian sekitar 30 centimeter.


"Laporan pihak cagar budaya Gresik menyuruh untuk steril. Tidak boleh diteruskan. Untuk antisipasi ada data hilang. Nantinya akan ada penggalian data dan penelitian oleh tim Cagar Budaya Gresik," kata Dawam.


Kini, di lokasi penemuan juga sudah diberikan garis polisi atau police line. Hal tersebut agar tidak terjamaah tangan jahil manusia.



"Kami juga koordinasi dengan Polsek setempat. Agar keberdaan benda bisa diamankan," kata Dawam.


Dirinya menyakini batu bata yang ditemukan ini ada keterkaitan dengan pabrik tembikar atau gerabah yang tak jauh dari tempat penemuan situs tersebut.


Pasalnya, batu yang ditemukan mirip dengan peninggalan Kerajaan Majapahit. (amnh)


Baca Juga
Lebih baru Lebih lama
close