Kabar Jatim Merupakan Media Online yang Memberikan Informasi Teraktual dan Terkini yang Terjadi di Indonesia Terkhusus Provinsi Jawa Timur.

10 Tempat Wisata Menarik dan Wajib Dikunjungi di Gresik

 10 Tempat Wisata Menarik dan Wajib Dikunjungi di Gresik


kabarjatim.eu.org - Gresik sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur namannya memang terkadang masih kalah dengan kota besar lain seperti Surabaya, namun jangan salah, di Gresik anda juga bisa menemukan banyak tempat wisata yang mempunyai pemandangan mempesona.


Setelah berhari-hari berkutat dengan pekerjaan atau masalah sekolah, pastilah kita ingin merasakan sebuah liburan untuk menyegarkan pikiran agar kembali fresh. Bagi anda yang berdomisili di Jawa Timur tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar pulau atau ke Bali karena di Jawa Timur sendiri juga banya obyek wisata yang keren.

Inilah 10 Tempat Wisata Terbaru  dan Hits yang Wajib dikunjungi di Gresik

Sebagai contohnya anda bisa berkunjung ke kabupaten Gresik, di sana ada berbagai macam obyek wisata alam dan bahari yang siap memanjakan mata anda. Selain itu kebanyakan tempat wisata di Gresik juga gratis jadi anda tidak perlu keluar uang banyak.


1. Bukit Bintang



Bagi yang menyukai pemandangan dari ketinggian, maka cafe yang satu ini bisa menjadi pilihan saat anda datang ke kabupaten Gresik. Di Bukit Bintang, anda akan disuguhkan pemandangan apik dari kota Gresik dan tidak hanya itu saja, anda juga bisa melihatnya indahnya gemerlap jembatan Suramadu saat malam hari.


Pemandangan yang romantis ini memang sangat cocok dinikmati bersama pasangan atau juga ramai-ramai dengan teman.



Alamat : Kebomas, Gunungsari, Sidomoro, Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124


2. Makam Maulana Malik



Di obyek wisata Makam Maulana Malik Ibrahim, anda akan melihat sebuah kompleks pemakaman dengan gapura yang berbentuk paduraksa yang merupakan ruangan dari pengurus. Di tengah cungkupnya sendiri anda tidak hanya akan menemukan makam Maulana Malik Ibrahim, namun ada juga makam-makam dari sang isteri Sayyidah Siti Fatimah, dan di sebelahnya lagi adalah makam sang putera, Syekh Maulana Maghfur.


Di sisi depan makam tersebut juga ada relief ayat-ayat Al-Quran yang ditulis dalam bahasa Arab.



Alamat : Jl. Malik Ibrahim, Gapuro Sukolilo, Gapurosukolilo, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61119


3. Situs Kedaton dan Makam Raden Supeno



Wisata religi lainnya di Gresik adalah Situs Giri Kedaton yang berbentuk sebuah bukit yang dibuat berteras-teras atau berundak. Semakin ke atas, tangga yang berundak tersebut semakin kecil. Sampai saat ini masih ditemukan lima teras saja.


Selain anda bisa melihat uniknya Situs Giri Kedaton, anda jugsa bisa berziarah ke Makam Raden Supeno yang masih satu komplek.



Alamat : Jalan Sunan Giri 13, Pedukuhan, Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124


4. Klenteng Kim Hin Kiong



Klenteng yang ada di Gresik ini memang sering menjadi tujuan tidak hanya dari pengunjung dari kalangan TiongHoa namun juga dari kalangan umum. Mereka datang selain untuk beribadah juga untuk mengagumi arsitektur dari klenteng ini yang sangat kental sekali dengan nuansa Cina yang terlihat dari hiasan dan ukiran naga, juga warna merah yang sangat menyolok. Dalam perayaan hari-hari tertentu seperti Imlek, klenteng sangat ramai dengan berbagai acara.


Alamat : Jl. Setia Budi, Gang Klenteng No. 56, Kelurahan Pulo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik


5. Kota Lama Gresik



Kota Tua yang di Jakarta memang terkenal dan banyak dikunjungi para wisatawan, namun bagi yang di Jawa Timur tidak perlu bersedih karena di Gresik juga ada Kota Lama Gresik, yaitu sebuah kota yang sudah berdiri sejak abad ke-14.


Di Kota Lama Gresik ini sendiri ada alun-alun, masjid, pasar, pelabuhan yang bisa anda datangi. Dan karena banyak bangunan lama, maka foto-foto yang artistik bisa anda dapatkan di sana. Di sana anda juga bisa melihat Gardu Suling yang merupakan tempat pengumuman ketika serangan musuh datang.


Alamat : Kabupaten Gresik


6. Penangkaran Rusa



Penangkaran Rusa yang ada di Gresik ini bisa menjadi tujuan anda selanjutnya saat anda sedang berlibur. Tentunya anak-anak akan senang melihat berbagai rusa yang jumlahnya kurang lebih ada 60 ekor di lahan seluas 4 hektar ini.


Di sana juga ada rusa yang hampir punah yaitu Rusa Axis Kuhlii yang hanya ada di Bawean. Untuk menjaga kelestarian rusa-rusa di sana, pihak pengelola terus mengembangbiakkan melalui perkawinan antar rusa.



Alamat : Beto Gebang Pudakit Barat, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik Bawean


7.Tanjung Gaang



Tanjung Gaang adalah pulau batu karang yang berukuran besar yang ada di Bawean. Di sana anda akan disugukan pemandangan gugusan pulau yang eksotik dan juga pantai yang indah, air laut berwarna biru nan jernih juga pemandangan alam di sekeliling yang tidak kalah cantiknya.


Untuk bisa sampai kesana anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, dan jarak Tanjung Gaang dari Kecamatan Sangkapura juga tidak jauh, hanya 8 km.



Alamat : Bawean, kumalasa, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur


8. Bukit Larangan



Obyek wisata Bukit Larangan adalah salah satu destinasi wisata di Gresik yang lumayan populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar kota terutama saat musim liburan.


Di sana anda bisa melihat pemandangan cantik nan elok kas perbukitan, dan walaupun untuk sampai ke puncaknyda dibutuhkan usaha ekstra dan stamina yang mencukupi, sesampainya di sana anda tidak akan menyesal karena pemandangan yang menyambut anda tiada duanya dan bisa membuat pikiran anda segar kembali.


Alamat : Area Sawah, Prupuh, Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61156


9.Danau Kastoba



Gresik juga ternyata menyimpan surga tersembunyi yang sayang jika anda lewatkan, tempat tersebut adalah Danau Kastoba. Danau yang masih berada di wilayah Bawean ini memang lokasinya jauh dari keramaian dan ada di tengah perbukitan dan dikelilingi hutan belantara.


Untuk menuju kesana memang anda harus menyusuri hutan dan bukit terlebih dahulu, namun jangan khawatir karena saat anda sudah sampai, rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan indah nan elok seperti anda menemukan surga di bumi.


Alamat : Pulau Bawean, Danau/Waduk, Sangkapura, Paromaan, candi, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61181


10.Air Terjun Murtalaya



Air terjun yang ada di daerah Bawean ini juga tempatnya tidak kalah indah dari obyek-obyek wisata lain di Gresik. Di sana anda bisa melihat cantiknya air terjun yang mengalir dari ketinggian. Selain itu tempatnya yang dikelilingi oleh hutan menambah indah panorama yang bisa anda dapatkan.


Jika masih kurang puas, anda juga bisa bermalam di sana dengan mendirikan kemah. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan.


Alamat : Bawean, Sungairujing, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. (Hsn)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama
close