Kabar Jatim Merupakan Media Online yang Memberikan Informasi Teraktual dan Terkini yang Terjadi di Indonesia Terkhusus Provinsi Jawa Timur.

Ternyata 10 Pemandian Air Panas di Jatim, Ada yang Bersumber dari Gunung

 Ternyata 10 Pemandian Air Panas di Jatim, Ada yang Bersumber dari Gunung

kabarjatim.eu.org - Salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan di akhir pekan untuk menyegarkan pikiran ialah berendam air panas. Pemandian air panas alami dipercaya kaya manfaat, lho.


Berendam di air panas dengan suhu mencapai 30-35 derajat celcius dapat menghilangkan ketegangan tubuh, sehingga kamu akan menjadi lebih rileks. Selain itu, hal ini dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.


10 Pemandian Air Panas di Jawa Timur


berikut ini tempat pemandian air panas yang dapat kalian datangi ketika berkunjung ke wilayah Jawa Timur


1. Pemandian Air Panas Cangar



Pemandian air panas Cangar terletak di Desa Cangar, Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Karena letaknya berada di dataran tinggi, Kota Batu terkenal dengan udaranya yang sangat dingin dan sejuk. Jadi, pas banget kan kalau berendam air panas.


Harga tiket masuk Rp 16.500 per orang. Pengunjung akan dikenakan tambahan biaya Rp 100.000 per jam untuk mengakses kolam keluarga. Jam operasional objek wisata ini mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Objek wisata ini akan ditutup saat sedang pembersihan.


2. Pemandian Air Panas Segaran



tempat pemandian air panas Segaran terletak di Ranuagung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Apabila hendak berkunjung ke tempat ini, kamu akan diarahkan untuk melewati akses jalan setapak. Kabar baiknya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk masuk ke kawasan tempat pemandian ini.


3. Pemandian Air Panas Banyu Biru



Lokasi pemandian air panas Banyu Biru berada di Desa Gondangwetan, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk. Pemandian ini menyediakan sepuluh fasilitas tempat berenda.


Untuk berkunjung ke tempat ini, kamu harus membayar biaya tiket sebesar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Waktu operasional tempat ini dibuka setiap hari selama 24 jam.



4. Pemandian Air Panas Songgoriti


Pemandian air panas Songgoriti berlokasi di Desa Songgokerto, Kabupaten Batu, tepat di bawah lereng bukit Gunung Panderman. Waktu operasional tempat ini selama 24 jam setiap hari. Harga tiket masuk Rp 20.000 per orang.


Tidak hanya tersedia fasilitas pemandian air panas. Kamu dapat melihat bangunan dan artefak peninggalan Kerajaan Singosari dan zaman Belanda yang dinamakan Kuil Songgoriti dan Patung Ganesha.



5. Pemandian Air Panas Tiris



Tempat pemandian air panas Tiris terletak di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Wisata ini menjadi salah satu tempat pemandian air panas terbaik di Probolinggo, yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit karena mengandung belerang.


Waktu operasional tempat ini dibuka mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Untuk dapat menikmati fasilitas di tempat ini, kamu perlu merogoh kocek Rp 4.000 per orang.


6. Sumber Air Panas Nganget Jatirogo

Sumber air panas Nganget Jatirogo terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban. Tempat ini sudah teruji keamanannya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga ramai dikunjungi para wisatawan, khususnya saat akhir pekan.


Kamu dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam, flying fox, dan hutan Klampis, serta area perkemahan. Pengelola telah memberlakukan waktu operasional mulai pukul 09.00-16.00 WIB, dengan biaya tiket masuk Rp 4.000-Rp 12.000.


7. Pemandian Air Panas Gunung Kelud

Pemandian air panas Gunung Kelud terletak tidak jauh dari Gunung Kelud, tepatnya di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Sesuai namanya, sumber air panas ini berasal dari aliran air panas Anak Gunung Kelud.


Tempat ini juga menyediakan kolam air sungai dengan suhu dingin mengalir di sebelah kiri tempat pemandian. Untuk biaya tiket masuk cukup terjangkau, yakni Rp 10.000 per orang, dengan waktu operasional dibuka setiap saat.


8. Pemandian Air Panas Blawan


Lokasi pemandian air panas Blawan berada di jalan menuju Gunung Ijen. Sumber airnya berasal dari sistem geothermal atau panas bumi. Para pengunjung diperbolehkan memilih dua kolam yang telah tersedia dengan suhu berbeda, mulai dari panas hingga standar.


Waktu operasionalnya mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan biaya tiket yang dibedakan dalam dua kategori. Yakni Rp 10.000 khusus wisatawan lokal dan Rp 20.000 khusus wisatawan mancanegara.


9. The Onsen Resort

The Onsen Resort terletak di Jalan Arumdalu, Songgokerto, Kecamatan Batu. Tempat ini menawarkan desain interior dan eksterior dengan ciri khas Jepang. Pengelola membatasi jumlah pengunjung hanya 20 orang di setiap kolam untuk menjaga kenyamanan.


Tidak hanya terdapat fasilitas pemandian air panas, kamu dapat bermalam di tempat ini. Kamu bisa menyewa vila yang telah disediakan dengan harga Rp 2.500.000-Rp 4.500.000 per malam.


Biaya yang perlu dikeluarkan apabila kamu hendak menikmati fasilitas pemandian air panas ini, yakni Rp 100.000. Untuk waktu operasionalnya mulai pukul 08.00-18.00 WIB.


10. Pemandian Air Panas Pacet



Tempat pemandian air panas Pacet berlokasi di kaki Gunung Welirang, Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tempat ini menyediakan tiga fasilitas dengan suhu air berbeda-beda.


Fasilitasnya lengkap ada kolam renang air dingin, area outbound, dan flying fox, serta kawasan perkemahan. Waktu operasionalnya mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.


Jadi, tempat mana yang ingin kamu kunjungi?


Artikel ini ditulis oleh Savira Oktavia, peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama
close