Kabar Jatim Merupakan Media Online yang Memberikan Informasi Teraktual dan Terkini yang Terjadi di Indonesia Terkhusus Provinsi Jawa Timur.

Dalam Terjemahkan Manuskrip Kuno Pemkab Tulungagung Akan Kerjasama dengan Ahli

kabarjatim.eu.org - Pemkab Tulungagung memiliki tiga koleksi naskah atau manuskrip kuno. Dua di antaranya ditemukan di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa.


Tiga manuskrip kuno itu ini disimpan di kantor Dinas Perpustakaan dan Kersipan Tulungagung di Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Tulungagung.


Petugas Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tulungagung, Silan mengatakan tiga naskah itu terdiri dari satu buah buku serta dua naskah berbentuk rangkaian lembaran-lembaran kayu.


"Untuk yang dua berbentuk rangkaian ini kami temukan tahun 2019 di salah satu ruangan di pendapa kabupaten. Saat itu Pak Bupati memerintahkan untuk membersihkan ruangan, manuskrip ini berada di pojokan," kata Silan, Rabu (11/10/2023).


Kedua benda tersebut akhirnya diamankan oleh petugas arsip untuk dilakukan perawatan. Dalam manuskrip tersebut terdapat tulisan kuno yang terukir di kedua sisi lembaran kayu. Tulisan itu terukir dengan jelas dan masih bisa dibaca. "Yang satu itu jumlahnya 220 lembar," jelasnya.


Namun sayang hingga kini pihaknya belum bisa mendeteksi isi dari dua manuskrip kayu tersebut, karena belum dilakukan penerjemahan. "Kami masih belum tahu, isinya apa," imbuhnya.


Rencananya dinas perpustakaan akan bekerjasama dengan para ahli untuk menerjemahkan kedua naskah kuno tersebut. "Siapa tahu ada hal penting," ujar Silan.


Sementara itu manuskrip berbentuk buku yang merupakan peninggalan abad 18 telah berhasil diterjemahkan. Buku hibah dari keluarga Kiai Kanjeng tersebut adalah kitab Ma'rifatul Bathin, yang berisi pitutur-pitutur bijak. "Kalau yang buku sudah diterjemahkan,"kata Silan.


Saat ini seluruh naskah kuno itu disimpan dan dirawat oleh petugas arsip. Selain itu, petugas juga menyalin dalam bentuk digital.(Ari)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama
close