Kabar Jatim Merupakan Media Online yang Memberikan Informasi Teraktual dan Terkini yang Terjadi di Indonesia Terkhusus Provinsi Jawa Timur.

Kisah Haru Warga Kota Malang Donorkan Organ dan Jenazahnya untuk Pendidikan

kabarjatim.eu.org - Pasangan suami istri di Kota Malang rela mendonorkan organ dan jenazahnya untuk kepentingan pendidikan dan kesehatan. Mereka adalah Hana Rosilawati (76), dan suaminya Soesanto (77), warga Janti, Kecamatan Sukun, Kota Malang.


Kepastian untuk mendonorkan organ dan jenazah juga sudah ditulis dalam surat wasiat. Apa yang dilakukan suami istri inipun menginspirasi anaknya yang berniat mengikuti jejak orangtuanya.


Hana sendiri telah meninggal pada Rabu (4/10). Jenazahnya sempat disemayamkan di rumah persemayaman Panca Budhi, Kota Malang. Sesuai janjinya, jenazahnya diserahkan ke Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.


Selain mendonorkan jenazah, mendiang Hana juga mendonorkan kedua kornea mata untuk ditransplantasikan pada yang membutuhkan.


Untuk kornea mata Hana sudah dilakukan transplantasi kepada seorang bocah berusia 8 tahun asal Blitar, dan satu kornea mata lagi juga akan didonorkan kepada pasien lain.


Kepala Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Nurul Hidayati mengatakan pihaknya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga Hana, yang telah mendonorkan jenazah untuk keperluan ilmu pengetahuan.


Karena apa yang dilakukan oleh mendiang Hana Rosilawati dan keluarga merupakan perbuatan yang sangat mulia.


"Kami terima amanah dari keluarga, akan kami untuk mohon maaf kami pergunakan sebaik baiknya, untuk pengembangan keilmuan bidang medis dan keilmuan," terang Nurul kepada wartawan, Selasa (10/10/2023).


Nurul mengaku Fakultas Kedokteran UB akan menjaga amanah dari keluarga dengan menggunakan sebaik-baiknya sumbangsih mendiang Hana dan keluarga demi kebutuhan ilmu pengetahuan.


"Kami akan terima amanah dari keluarga, untuk kami pergunakan sebaik-baiknya untuk pengembangan ilmu pengetahuan di bidang medis kedokteran," akunya.


Sementara putri mendiang Hana, Debora Hartati berkeinginan untuk mengikuti jejak kedua orang tuanya. Untuk mendonorkan organ mata serta jenazah untuk ilmu pengetahuan.


"Rencananya saya juga akan menjadi calon donor mata dan calon donor jenazah. Ini dari orang tua saya, dan sudah terpikir dari lama," ujar Debora terpisah.


Keluarga berharap, apa yang mereka lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.


"Puji Tuhan, sesuai kami sekeluarga bisa memberikan berkat kepada orang yang membutuhkan," pungkasnya.


Prosesi penyerahan jenazah Hana kepada Fakultas Kedokteran UB digelar di rumah persemayaman Panca Budhi pada Senin (9/10/2023), kemarin. (Dede)


Baca Juga
Lebih baru Lebih lama
close